Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Efektif Melalui Media Pembelajaran V-Resbu Bahasa Indonesia

Abstract

Latar belakang  penelitian ini adalah siswa belum aktif serta rendahnya hasil belajar siswa membaca efektif dalam memberi komentar pada buku fiksi maupun nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VII J SMP Negeri 3 Pati pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui peningkatkan aktivitas siswa dan kemampuan meberikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi  dengan membuat  media pembelajaran V-Resbu pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pati pada tahun pelajaran 2021/2022. Hipotesis tindakan menyatakan melalui media pembelajaran V-Resbu siswa lebih aktif serta nilai kemampuan menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi pada siwa kelas VII J SMP Negeri 3 Pati pada tahun pelajaran 2021/2022 dapat ditingkatkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siwa kelas VII J SMP Negeri 3 Pati yang berjumlah 22 siswa. Waktu yang dibutuhkan mulai merencanakan sampai menyusun laporan adalah selama dua bulan, yaitu mulai bulan Januari sampai dengan bulan Februari tahun 2020. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, dan non tes. Untuk data kuantitatif yaitu tentang hasil belajar dianalisis dengan menggunakan Analisis Deskriptif Komparatif yaitu membandingkan hasil belajar kondisi awal dengan siklus I, kemudian siklus I dengan siklus II, dan siklus I dengan kondisi akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran V-Resbu nerapkan metode demostrasi dan latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pembelajaran bahasa Indonesia tentang memberi komentar pada buku fiksi maupun nonfiksi bagi siswa kelas VII J SMP Negeri 3 Pati pada tahun pelajaran 2021/2022.