INOVASI METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 3 HULU SUNGAI UTARA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, memahami, dan menganalisis bentuk-bentuk inovasi, penguasaan guru terhadap metode pembelajaran dan pengelolaan situasi kelas di MAN 3 HSU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian ini lebih menekankan makna dan proses dari pada hasil suatu kegiatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan memperhatikan masalah yang ada dan prosedur kerja yang berlaku. Guru mata pelajaran fiqih di MAN 3 HSU selalu mengadakan inovasi metode pembelajaran fiqih di madrasah tersebut sehingga siswa/I di madrasah tersebut minat yang cukup tinggi dalam mengikuti pembelajaran fiqih. Bentuk inovasi metode pembelajaran fiqih yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fiqih di MAN 3 HSU berupa metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi, dan metode sosio-drama. Guru mata pelajaran fiqih sangat menguasai metode-metode pembelajaran tersebut, baik tentang cara penggunaan, waktu penggunaan, situasi dan kondisi penggunaan metode tersebut.