Permasalahan Proses Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Peserta Didik Di Masa Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenali dan memperoleh gambaran tentang permasalahan pembelajaran kimia secara daring. Khususnya pembelajaran kimia yang dilaksanakan di MAN Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa lembar angket. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MAN Kota Batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan yang terjadi antara lain: pertama, peserta didik merasa kesulitan dalam memahami topik pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Kedua, peserta didik merasa tidak bersemangat untuk belajar. Ketiga, peserta didik tidak menguasai topik pembelajaran kimia dasar Untuk mengatasi permasalahan tersebut: pertama, kreativitas guru dalam mengemas konsep pembelajaran kimia sangat diharapkan peserta didik yang memiliki akses internet dan alat pendukung pembelajaran daring yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor sehingga pembelajaran daring berjalan dengan baik. Kedua, guru diharapkan mengupayakan kesesuaian penggunakan metode pembelajaran dengan topik yang akan dibahas. Dengan demikian materi yang disampaikan oleh guru maupun yang dipelajari secara mandiri oleh peserta didik dapat dikuasai dan dimengerti. Kemudian peserta didikĀ  akan bersemangat untuk belajar walaupun dilakukan secara daring.