PENERAPAN FLIPPED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PADA FIQIH KELAS XII IPA 1 DI MA BAHRUL ULUM BLAWI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih bab Pernikahan di MA Bahrul Ulum Blawi dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis flipped learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode semi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak satu siklus. Peneliti mengumpulkan data melalui dokumentasi, observasi, catatan lapangan dan tes. Berdasarkan hasil temuan lapangan, pada observasi pada pertemuan pertama, siswa yang aktif untuk menjawab pertanyaan dan menyampaikan pendapat hanya beberapa siswa saja, terutama yang ada di barisan depan. setelah dilaksanakan atau diterapkan model pembelajaran berbasis flipped learning, banyak siswa yang aktif turut serta dalam diskusi pro dan kontra dalam masalah hukum fiqih pada video pelaksanaan akad nikah melalui via telepon /online.