Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Pancadhamma Terhadap Minat Belajar Siswa
Abstract
Minat belajar di SMP N 2 Donorojo cenderuh masih rendah hal ini dapat dilihat dari hasil observasi peneliti pada saat melakanakan tugas PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di SMP N 2 Donorojo, Masalah yang terjadi adalah kurangnya minat dalam belajar pendidikan agama Buddha dari masing-masing siswa. salah satu masalah yang timbul adalah guru dalam menyampaikan bahan pelajaran hanya menggunakan bahasa lisan atau tulisan dan jarang sekali disertai alat pendukung yang lebih konkrit yang dapat memperjelas materi yang disampaikan sehingga kurang adanya minat belajar yang tinggi dari siswa. Peneliti kemudia melakukan penelitian dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dalam menyampaikan materi pembelajaran Pancadhamma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, jumlah sampel yang diambil sebanyak 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalah analisis data dilakukan dengan analisis non parametrik teknik t-test.Berdasarkan hasil persentase Analisis t-test menunjukkan bahwa Penggunaan media Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Buddha berpengaruh signifikan terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Buddha pada siswa kelas VII SMP N 2 Donorojo. Hal ini terbukti dari hasil statistik paired sample t test yang menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig lebih kecil dibandingkan dengan daftar pada taraf signifikan 5% yaitu 0,000 ≤ 0,03. Selanjutnya, pencapaian Minat belajar juga mempunyai nilai yang baik. Nilai rata-rata pree test atau sebelum perlakuan 58% dengan kategori CUKUP dan setelah diberi perlakuan atau post test meningkat sebesar 70%, Sehingga secara keseluruhan Minat belajar siswa setelah penggunaan Media Pembelajaran Interaktif diperoleh rata-rata sebesar 70% dan termasuk dalam kategori TINGGI.