Pengelolaan Pembelajaran Maharah Istima’ dan Kalam Oleh Himpunan Mahasiswa Prodi PBA STIQ Amuntai

Abstract

Pengelolaan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan utama untuk memudahkan jalannya suatu pembelajaran. Pengelolaan yang baik dan benar akan memudahkan mencapai tujuan pembelajaran dan menghasilkan output yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun, jika pengelolaan pembelajaran tidak disusun dan dirancang dengan baik dan benar maka dalam proses pembelajaran akan mengalami problem dan kendala yang menyebabkan tidak stabilnya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengelolaan pembelajaran maharah istima’ dan maharah kalam oleh HMP PBA STIQ Amuntai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan Teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini memberikan gambaran dan informasi bahwa pengelolaan pembelajaran maharah istima’ dan maharah kalam oleh HMP PBA STIQ Amuntai sudah tersusun secara terstruktur dan berjalan dengan baik. Namun, ada beberapa hal yang masih belum terpenuhi sebagaimana layaknya pengelolaan pembelajaran yang baik dan benar. Seperti halnya belum adanya penyusunan evaluasi pembelajaran yang benar-benar dapat mengukur dan mengetahui berhasilnya suatu pembelajaran. Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada para pengajar dimanapun berada, baik secara teoretis maupun secara praktis. Sehingga diharapkan juga dengan adanya penelitian ini bisa menjadi masukan bagi HMP PBA STIQ Amuntai untuk lebih menyempurnakan dan memperbaiki program atau pengelolaan pembelajaran maharah istima’ dan maharah kalam.