PENDIDIKAN ISLAM DI KABUPATEN TABALONG: SEKOLAH ISLAM SEBAGAI GERAKAN SOSIAL
Abstract
Kabupaten Tabalong merupakan daerah berkembang di Provinsi Kalimantan Selatan yang perkembangannya dinilai sangat pesat dibandingkan dengan kabupaten lain. Jumlah penduduk terbanyak kedua (ke-2) setelah HST. Hal ini menjadikan Kabupaten Tabalong sebagai ruang potensial untuk berbagai bidang, di antaranya perdagangan, industri, bahkan pendidikan. Lebih khusus pendidikan Islam karena Islam merupakan agama mayoritas penduduk Kabupaten Tabalong. Pertumbuhan lembaga pendidikan Islam di Kabupaten Tabalong cukup pesat. Beriringan dengan pelaksanaan otonomi daerah di bidang pendidikan yang memberikan peluang kepada berbagai gerakan sosial keagamaan untuk memprentasikan keberadaannya. Gerakan sosial keagamaan menentukan corak ideologis pendidikan Islam di suatu wilayah. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan sekolah Islam sebagai salah satu bentuk lembaga pendidikan Islam di Kabupaten Tabalong meliputi keberadaannya, segmentasi konsumennya, dan organisasi/yayasan pendirinya. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam artikel ini adalah teori gerakan sosial (Social Movement). Keberadaan sekolah Islam tidak terlepas dari gerakan-gerakan sosial keagamaan di Kabupaten Tabalong yang mendapatkan peluang dari pelaksanaan otonomi daerah dan pemerintah daerah yang moderat serta perekonomian daerah yang berkembang.