Efektivitas Pembelajaran Geografi di SMA Dengan Menggunakan Teams
Abstract
Menurut UU Sisdiknas No 20 tahun 2003, Pendidikan merupakan usaha yang sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan yang diperlukan dirinnya dan masyarakat. Pendidikan geografi yang merupakan mother of Science yaitu ilmu untuk menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendorong peningkatan kehidupan. Proses pelajaran geografi yang berlangsung di SMA kebanyakan masih menggunakan media terbatas pada buku teks, buku pelajaran globe peta dan lembar kegiatan siswa. dengan perkembangan informasi teknologi yang terbatas ruang dan waktu dalam bidang pendidikan titik diharap pembelajaran geografi di sekolah lebih menarik dan disukai oleh peserta didik. Oleh sebab itu fokus kajian dari penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran geografi di SMA dengan menggunakan Microsoft teams dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Jumlah responden atau partisipan dalam penelitian ini yaitu 145 peserta didik yang berada di kelas X, XI dan XII IPS. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan tips dan pembelajaran geografi sangat menarik dan membantu saat mengikuti pembelajaran geografi. Hal ini dikarenakan satu aplikasi bisa digunakan untuk pengumpulan tugas, video conference, penggunaannya yang mudah sehingga pekerjaan lebih cepat selesai, terintegrasi dengan planner, dapat digunakan dimanapun dan kapanpun, serta bisa customize judul chat