EVALUASI KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Abstract
Evaluasi bahasa selama ini lebih difokuskan kepada keterampilan yang berbasis komunikasi secara tertulis, hal ini dapat dilihat dari evaluasi yang dilaksanakan selama ini, tes yang diberikan sering berbentuk ganda dan essai. Padahal jika diperhatikan lebih seksama, komunikasi dari sisi lisan sangat penting untuk digalakkan dengan banyaknya orang-orang Arab yang datang ke Indonesia. Kedatangan mereka memiliki berbagai macam maksud, ada yang hanya sekedar ingin belajar, ada juga sekedar ingin berkunjung, bahkan ada yang datang ke Indonesia dengan maksud dan tujuan bekerja, seperti menjadi dosen atau pengajar. Tentunya hal ini akan menjadi kesempatan buat para pelajar untuk berkomunikasi langsung dengan orang-orang tersebut, baik karena ingin belajar secara mendalam bahasa yang dipelajari ataupun mendapat pengetahuan. Dengan melihat keadaan tersebut, maka evaluasi dalam keterampilan berbicara sudah seharusnya mulai diperhatikan, guna mencapai tujuan dari berbahasa itu sendiri, yakni berkomunikasi.