Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMP
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama pada buku teks siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Jenjang SMP. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dokumen yaitu buku teks mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMP terbitan Kemendikbud Tahun 2017, dan untuk teknik analisis data menggunakan analisis isi dan analisis wacana. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber data sekunder. Hasil dari analisis data menunjukan nilai-nilai moderasi beragama pada buku teks PAI dan Budi Pekerti kelas VII sebanyak lima nilai. Adapun nilai-nilai moderasinya yaitu a) Egaliter; b) Keadilan; c) Toleransi; d) Anti Kekerasan; e) Moderasi dalam Beribadah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan agama Islam di sekolah atau madrasah.