MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DI SD NEGERI MANTUYAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis Sekolah di SDN Mantuyan, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui kepala Sekolah, guru-guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat sekitar SDN Mantuyan, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen mutu berbasis Sekolah di SDN Mantuyan, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan pada dasarnya telah diterapkan melalui pelibatan berbagai pihak dalam melakukan kegiatan di Sekolah, tetapi belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hal tersebut ditandai dengan kurang disiplinnya pihak Sekolah serta masih minimnya kerja sama dengan orang tua peserta didik atau masyarakat dalam implementasi manajemen mutu berbasis Sekolah.