OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI MASA COVID-19 MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SLB PAB PAYAKUMBUH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SLB PAB Kota Payakumbuh pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 untuk mendeskripsikan  Optimalisasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Covid-19 Melalui Supervisi Klinis Di SLB PAB Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik supervisi klinis dilakukan dengan cara supervisi administrasi pembelajaran dan supervisi kelas.Peningkatan Kompetensi Pedagogik guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Covid-19 mengalami peningkatan setelah dilakukannya supervise klinis. Pada pra siklus kemampuan pedagogic guru dalam menyusun perangkat pembelajaran adalah 68% dengan rerata 67,90. Pada siklus I diperoleh peningkatan kompetensi pedagogic guru dalam membuat perangkat pembelajaran menjadi 76 % dengan rerata 75,50 dan mengalami peningkatan signifikan lagi pada siklus II dengan persentase 84% dengan rerata 84,20. Selain itu, kompetensi pedagogic guru juga dinilai dalam penyusunan RPP. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap dokumen RPP yang disusun, maka terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru dari kegiatan pra siklus 66 % dengan rerata 66,13  menjadi 74 %  dengan rerata 74,13 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi  89 %  dengan rerata 89,21 pada siklus II.Peningkatan kompetensi pedagogic guru dalam menyajikan pembelajaran sesuai dengan RPP Covid-19 yang disusun guru juga mengalami peningkatan 77% dengan rerata 76,85 pada siklus I menjadi  81% dengan rerata 80,55  pada siklus I dan meningkat menjadi 87% dengan rerata 87,50 pada siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh , dapat disimpulkan bahwa tekhnik supervisi klinis sesuai diterapkan di Sekolah Dasar untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran Covid-19 khususnya di SLB PAB Payakumbuh.