MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI SISWA MELALUI METODE FREE EXPRESSION PADA PEMBELAJARAN MEMBUAT GAMBAR ILUSTRASI DI KELAS VI C SLB LUAK NAN BUNGSU PAYAKUMBUH
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh untuk mendeskripsikan Meningkatkan Kreativitas Seni Siswa Melalui Metode Free Expression pada Pembelajaran Membuat Gambar Ilustrasi di Kelas VI C Slb Luak Nan Bungsu Payakumbuh. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 ( dua ) siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian terdiri dari empat komponen yaitu 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi tindakan. Dalam pembuatan gambar ilustrasi diperlukan kemampuan imajinasi, sketsa dan tekhnik warna agar mendapatkan hasil lukisan yang maksimal. Metode free expression suatu cara untuk membelajarkan siswa agar dapat mencurahkan isi hatinya dalam bentuk karya seni rupa. Peningkatan hasil belajar dan kreativitas siswa dengan tekhnik gradasi dimulai dari kegiatan pra siklus dengan nilai rata rata 68,66 menjadi 75,30 pada siklus I lalu meningkat kembali menjadi 83,00 pada siklus II. Ketuntasan individual juga meningkat dari 33 % pada kegiatan pra siklus menjadi 67 % pada siklus I dan 100 % pada siklus II. Ini membuktikan bahwa metode free expression sesuai dijadikan alternatif metode pembelajaran yang dapat diajarkan di kelas VI C SLB karena dapat meningkatkan kreativitas Seni Budaya siswa.