UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RPP KOMBINASI DARING DAN LURING MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SLB N 1 BUKITTINGGI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SLB N 1 Bukittinggi  pada semester ganjil  tahun pelajaran 2020/2021 untuk mendeskripsikan  Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan RPP Kombinasi Daring dan Luring Melalui In House Training di SLB N 1 Bukittinggi. Keterampilan mengajar yang harus dikuasai guru meliputi keterampilan merencanakan pembelajaran serta keterampiulan melaksanakan pembelajaran.Keterampilan mengajar guru di dalam kelas (melaksanakan pembelajaran terdiri dari delapan komponen yaitu keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan menjelaskan pembelajaran, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kecil, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan. Pelaksanaan IHT dilakukan dengan cara memberikan bimbingan kepada guru kelas oleh narasumber baik itu pengawas, kepala sekolah atupun guru senior yang memiliki kompetensi dalam penyusunan RPP sehingga dapat sama sama berbagi dan mengembangkan keterampilan mengajar.Hasil Monitoring/evaluasi terhadap dokumen RPP dan aktivitas belajar mengajar yang dilakukan, maka terjadi peningkatan keterampilan merencanakan pembelajaran oleh guru dari kegiatan pra siklus 60,94 % menjadi 72,27 % pada siklus I dan 83 % pada siklus II.Selain itu, peningkatan keterampilan mengajar guru di dalam kelas juga mengalami peningkatan dari 60,00 pada kegiatan pra siklus menjadi 72,13 pada siklus I lalu meningkat kembali menjadi 84,38 pada siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan IHT sesuai diterapkan di SLB untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru khusunya Dalam pembuatan RPP Kombinasi daring dan luring di SLB Negeri 1 Kota Bukittinggi.