Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran melalui Kompetensi Guru

Abstract

Kompetensi pendidik maupun tenaga kependidikan harus memenuhi syarat yang ditentukan oleh perundang-undangan. Terutama pada tenaga pendidik atau Guru. Dari hasil observasi yang peneliti lakukan pada penelitian pendahuluan menunjukan bahwa masih banyak ditemukan adanya guru paud yang masih berijazah bukan lulusan fakultas keguruan dan SMA. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan diri pada persoalan kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pendidik PAUD. Dengan demikian penelitian ini peneliti berikan judul “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Melalui Kompetensi Guru Pendidikan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Melalui Kompetensi Guru Di Paud Al Iman Kota Ternate. Untuk itu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah Guru menjadi komponen penting dalam menciptakan mutu  pembelajaran. dan guru yang berkualitas lahir dari pengrekrutan yang berkualitas. Dari hasil penelitian serta kesimpulan penelitian, maka saran dalam penelitian ini adalah untuk menciptakan sekolah yang berkualitas, maka perlu dilakukan pengrekrutan  guru dengan didasarkan pada kualifikasi yang dipersyaratkan atau dengan standar yang ditetapkan.