Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Minat dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Madrasah Aliyah Al-Khairaat Kecamatan Madopolo Halmahera Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh perhatian orang tua terhadap tanggung jawab belajar siswa Madrasah Aliyah al-Khairat Madapolo Kabupaten Halmahera Selatan. 2) pengaruh minat belajar terhadap tanggung jawab belajar siswa Madrasah aliyah al-Khairat Madapolo 3) pengaru perhatian dan minat orang tua untuk belajar bersama terhadap tanggung jawab belajar siswa Madrasah Aliyah al-Khairat Madapolo Kabupaten Halmahera Selatan. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah al-Khairat Madapolo, peneliti akan melihat objek yang diteliti sebagai siswa yang memiliki tanggung jawab dalam belajar, dan hal-hal yang mempengruhinya, faktanya sangat sesuai dengan kondisi siswa Madrasah Aliyah al- Khairat madapolo Karena siswa membutuhkan perhatian orang tua dan minat belajar yang tinggi. Sehingga kurangnya perhatian orang tua dan minat belajar akan menyebabkan siswa kurang bertanggung jawab dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan angka-angka, mulai dari pengumpulan data, analisis data hingga tampilan hasil analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dengan sampel 90 orang dari populasi sebanyak 113 siswa Madrasah Aliyah al-Khairat Madapolo yang tersebar di kelas X sampai kelas XII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara perhatian orang tua dan minat belajar terhadap tanggung jawab belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan uji koefisien determinan menunjukkan bahwa perhatian orang tua dan minat belajar sebesar 60,9%. berdampak pada tanggung jawab siswa.