IMPLEMENTASI KELAS PARENTING DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN AKHLAK DI TK IT INSAN KAMIL DESA TOMORI KECAMATAN BACAN KABUPATEN HALMAHERA SELATAN

Abstract

Untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah diamantkan oleh UUD SISDIKNAS No.10 Tahun 2003, yaitu menciptakan generasi yang beriman dan bertakwa kepad Tuhan Yang Maha Esa, maka diperlukan terobosan-terobosan yang signifikan dalam mencapai tujuan tersebut. Model pendidikan Parenting merupakan sebuah model yang sangat ideal dalam upaya mencapai amanat UUD tersebut di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model pendidikan Parenting yang telah diterapak di TK IT Insan Kamil Desa Tomori Kecamatan Bacan Halmahera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, di mana instrumen utamnaya adalah wawancara mendalam atau Indepth interview terhadap informan kunci yaitu kepala, sekolah, guru, dan para orang tua. Hasil penelitian memunjukkan bahwa model pendidikan parenting yang diterapakan di TK IT Insan Kamil Desa Tomori telah berhasil mendidik peserta didiknya yang memiliki ahlakul karimah. Banyak prestasi yang telah dicapai oleh TK IT Insan Kamil seperti mereka para anak didiknya berhasil menjuarai setiap kegiatan keagamaan yang dilaksanakan mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat Kabupaten. Jumlah siswa yang begitu banyak menunjukkan bahwa animo masyarakat untuk menyekolahkan anak mereka di TK IT tersebut