METODE TARJAMAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA (QIRA’AH) SISWA DALAM MEMPELAJARIBAHASA ARAB

Abstract

Tarjamah pada hakikatnya adalah mengalihbahasakan makna atau pesan bahasa sumber ke bahasa sasaran dengan meliputi tigaunsur utama, yaitu: bahasa sumber, makna atau pesan dan bahasa sasaran. Objek terjemahan dapat berupa kata-kata, frasa, kalusa, kalimat, kumpulan kalimat ataupun wacana.Matode ini merupakan cara yang paling aktif melibatkan setiap siswa di dalam kelas. Metode ini juga bisa merupakan kegiatan yang dapat mempercepat kecakapan dan kemampuan analisis peserta didik tentang arti dan makna suatu bacaan yang sedang dibahas dalam pelajaran bahasa Arab. Melalui metode tarjamah, keterampilan membaca (qira’ah) siswa diharapkan dapat mengucapkan lafadz kata-kata dan kalimat dalam bahasa arab yang fasih, lancar dan benar,tidak sembarang baca. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu mengumpulkan data yang diperoleh melalui sumber-sumber data dari beberapa literatur yang terkait dengan tema-tema bahasan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pengguanaan metode tarjamahakan mampu meningkakan keterampilan qiro’ah siswa daam mempelajari bahasa Arab.