Penerapan Pendidikan Seks dalam Perspektif Islam untuk Meningkatkan Karakter Religius Siswa SDIT Ibnu Hajar Kota Batu

Abstract

Pendidikan seks dalam perspektif islam untuk meningkatkan karakter religius siswa merupakan hal penting untuk siswa di sekolah. Namun, pendidikan seks sering dianggap tabu anak-anak karena menganggap bahwa seks adalah hal-hal yang porno, kotor, atau mesum. Pengetahuan dasar tentang pendidikan   seks   sangat   membantu    siswa   dalam   menjaga   kebersihan,   percaya   diri   bahkan menghindarkan  dari perilaku yang tidak sesuai dengan syariat islam. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan  landasan  pendidikan   seks  dalam  perspektif  Islam.  2)  Mendeskripsikan  sistem pendidikan seks dalam perspektif Islam. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif-deksriptif bertujuan untuk   mendeskripsikan   fenomena-fenomena   sesuai  dengan   realita.  Teknik  pengumpulan   data menggunakan 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Model analisis data menggunakan model Miles  dan   Huberman,   langkah-langkahnya  yaitu:  reduksi  data,  penyajian  data,  verifikasi,  dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Landasan penerapan pendidikan seks ialah membekali peserta didik agar siap menghadapi masa puberitas dengan baik sehingga mereka tidak asing dengan perubahan  dalam diri misalnya perubahan  fisik dan emosional. Mengetahui batasan-batasan bergaul dengan lawan jenis. 2) Penerapan pendidikan seks dalam perspektif islam untuk meningkatkan karakter religius siswa di SDIT Ibnu  Hajar ialah melalui program  Lingkar Bina Siswa (LBS) yang dilaksanakan setiap hari jumat.