KONSEP PENDIDIKAN AL-ZARNUJI DAN IBN TAIMIYAH

Abstract

Sebagai implikasi pandangan Al-Zarnuji tentang tujuan pendidikan / pengetahuan yang diperoleh ada dampak positif yang bersifat instruktif sebagai kelebihan dari itu dan juga dampak negatif yang instruktif sebagai kekurangannya. Impct pendidikan yang positif adalah rasa tanggung jawab yang sudah sangat kuat pada pemikiran yang menembus pendidikan, dan memperkuat rasa tanggung jawab moral. Tugas mengajar dan belajar bukan hanya sebagai tugas profesional yang bekerja dan tugas kemanusiaan, tetapi lebih jauh dari apa yang merupakan tugas yang menuntut tangguh. Tanggung jawab yang tegas sebagai titik sentral dalam pendidikan Islam, selain tanggung jawab kemanusiaan baik tingkat konsep konstruksi dan tingkat aplikasi pendidikan. Dampak negatif edukatifnya membuat istilah al-ilm (pengetahuan) bahwa Al-Quran dan Hadist menjadi absolut tanpa batas menjadi hanya terbatas pada ilmu-ilmu agama, dan kecenderungan pencapaian pendidikan spiritual yang lebih menonjol, mendorong pemikiran pendidikan Islam ke arah mengabaikan pergaulan para pelaku. dunia dengan segala kemanfaatan dan upaya amal yang sebenarnya bisa dinikmati dan bisa dilakukan.