HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI, POLA ASUH ORANG TUA DAN PENYESUAIN SOSIAL SISWA SMA NEGERI TERNATE

Abstract

Penyesuaian sosial adalah salah satu aspek keterampilan sosial yang harus dimiliki setiap individu, terutama bagi siswa SMA yang harus mampu menyesuaikan diri dengan semut / peningkatan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Jika seseorang ingin meningkatkan dan mengembangkan dalam sains suatu teknologi, ia harus dapat berinteraksi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial yang luas. Status sosial ekonomi dan pola asuh adalah faktor yang dapat menyebabkan penurunan penyesuaian sosial seseorang. Pernyataan ini didasarkan pada teori dan beberapa hasil penelitian bahwa status sosial ekonomi dan pengasuhan dapat menyebabkan penurunan penyesuaian sosial seseorang. Secara umum, pernyataan penyesuaian masalah adalah dari siswa; (d) hotb sejauh apakah status sosial ekonomi berkorelasi dengan tingkat penyesuaian siswa; (e) sejauh mana pengasuhan berkorelasi dengan tingkat penyesuaian siswa; dan (f) sejauh mana status sosial ekonomi dan pengasuhan berkorelasi dengan tingkat penyesuaian siswa. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Namun, sebagian besar siswa berasal dari orang tua sampai status sosial ekonomi tinggi. Dalam kaitannya dengan pola asuh, ditemukan juga perbedaan, yaitu pola asuh otoritatif, pola asuh permisif, dan pola asuh demokratis. Dari tipe pengasuhan seperti ini, siswa berada pada penyesuaian orosial tingkat tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa status sosial ekonomi masyarakat