Penerapan Storytelling Penggalan Kisah Soekarno Melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kademangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat efektivitas penerapan teknik storytelling penggalan kisahSoekarno melalui Bimbingan Kelompok dalam meningkatkan tanggungjawab sosial siswa kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan melibatkan subjek siswa SMPN 2 Kademangan Kabupaten Blitarkelas VIII-H tahun ajaran 2018/2019 dengan karakteristik remaja awal dalam rentang usia 13-14tahun.Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala tanggung jawab sosial danlembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan skorhasil pretes dengan postes pada setiap siklus dan uji komparatif menggunakan uji Wilcoxon sign rank test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan teknik storytelling penggalan kisahSoekarno melalui bimbingan kelompok efektif dan layak untuk dilaksanakan. Hasilobservasi penilaian pada siklus I diperoleh semua indikator dilaksanakan oleh guruBK. Hasil penilaian kelayakan storytelling penggalan cerita I sampai cerita IVdiperoleh kelayakan storytelling 95% dalam kategori tinggi. Hasil observasi penilaianpada siklus II diperoleh semua indikator dilaksanakan oleh guru BK. Hasil penilaiankelayakan storytelling penggalan cerita V sampai cerita VIII diperoleh kelayakanstorytelling sebesar 98,33% dalam kategori tinggi; 2) Penerapan Storytelling dapatmeningkatkan tanggung jawab sosial siswa dibuktikan dengan meningkatnya skortanggung jawab sosial setelah dilakukan postes pada siklus I dan II. Hasil postessiklus I diperoleh skor tanggung jawab sosial siswa dalam kategori tinggi denganketercapaian KKM sebesar 71,87% sedangkan pada siklus II diperoleh ketercapaianKKM sebesar 82,81% .