Pendidikan Kewirausahaan Melalui Muatan Lokal Pada Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan Kewirausahaan Terintegrasi dalam Mata Pelajaran Seni dan Keterampilan di Sekolah Dasar, proses internalisasi nilai-nilai kewirausahaan dalam kegiatan keterampilan. Tujuan dari penelitian ini, untuk mempersiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan dalam wirausaha, Teknik deskriptif kuantitatif digunakan dalam melakukan analisis terhadap keterampilan wira usaha siswa dengan metode kooperatif. Hasil uji operasional dan uji coba menunjukkan bahwa pra model eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan keterampilan anak usia Sekolah Dasar. Aspek yang meningkat secara signifikan adalah jiwa kewirausahaan, kemandirian, kerjasama tim, dan motivasi. Sedangkan aspek yang tidak mengalami peningkatan signifikan adalah kreativitas dan inovasi, keterampilan berbasis kewirusahaan dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa di sekolah dasar.