Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Nyaring Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD
Abstract
Salah satu kemampuan membacayang harus di kuasai peserta didik di kelas rendah adalah kemampuan membaca nyaring. Namun pada kenyataannya, masih banyak peserta didik yang kurang mampu membaca dengaan baik dan sesuai dengan kaidah membaca ketika melakukankegiatan membaca nyaring. Cara membaca peserta didik yang tidak sesuai dengan aspek membaca nyaring menyebabkan anak kurang dapat memahami makna sebuah bacaan yang mereka baca.berdasarkan hasilpengamatan peneliti pada saat kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas III SDN 10 Blang Mangat Kota Lhokseumawe dalam membaca nyaring dengan rata-ratakelas sebesar 65,70% yang mana belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah di tetapkan oleh guru yaitu sebanyak 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang membaca nyaring dengan menggunakan metode demontrasi. Hasil penelitian menunjukkan dari kondisi awal siswa dengan indeks rata-rata 5.8 meningkat menjadi 7.3.