Upaya Guru dan Orang Tua Dalam Membangun Karakter Mandiri Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa Negeri A Kota Cimahi

Abstract

Anak berkebutuhan khusus yakni anak yang mengalami gangguan fisik, mental, intelegensi, dan emosi sehingga membutuhkan pembelajaran khusus, dimana anak berkebutuhan khusus (ABK) merujuk pada anak yang memiliki kesulitan atau ketidakmampuan belajar. Anak berkebutuhan khusus diharapkan mampu memiliki karakter  mandiri.  Karakter mandiri bagi anak autis merupakan tujuan akhir agar anak tidak bergantung kepada orang lain dan dapat bertanggungjawab dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Guru dan orang tua melakukan upaya dalam membangun karakter mandiri bagi anak dengan cara  pembiasaan, yakni anak harus diberi rasa percaya diri dan kesempatan oleh orang tua agar terbiasa. Pada saat pembelajaran Daring karena kondisi pandemi covid-19,banyak  hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring antara lain berkaitan dengan kesiapan sumber daya manusia, keterbatasan sarana dan prasarana, khususnya dukungan teknologi dan jaringan internet.