PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SEFT UNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP SUNAN GIRI MENGANTI

Abstract

Pandemi covid 19 yang terjadi dikala ini mengakibatkan dunia pendidikan khusunya proses pembelajaran di semua sekolah yang di lakukan secara daring, di mana sebelumnya siswa dapat melakukan proses pembelajaran secara langsung dan dapat berinteraksi dengan teman-teman, guru, serta semua yang ada di lingkungan sekolah, akibat pandemi covid 19 pembelajaran yang dilakukan secara daring memberikan dampak terhadap kejenuhan belajar pada siswa, tata cara pembelajaran (Daring) jarak jauh membuat siswa membutuhkan waktu dalam menyesuaikan diri dalam mengalami proses pembelajaran baru yang secara tidak langsung mempengaruhi tenaga serap belajar siswa hal ini bisa memicu munculnya kejenuhan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik seft dalam mengurangi kebosanan belajar pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian pra eksperimen dengan menggunakan One Group Pre-Test Post-Test Design.Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Teknik SEFT dalam Konseling Kelompok) dan variabel Y (Kejenuhan Belajar). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan B SMP Sunan Giri Menganti yang berjumlah 63 siswa, sampel diambil dengan teknik purposing sampling dan diperoleh 4 Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji Wilxocon menggunakan SPSS for Windows versi 26