PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KIOS MODERN NU (KIMONU) DI PESANTREN AL-MUSHLIH TELUKJAMBE TIMUR, KARAWANG

Abstract

Abstract This research is motivated by the level of customer feelings after comparing what they receive with their expectations. A customer, if he is satisfied with the value provided by a product or service, is very likely to be a customer for a long time. Customer satisfaction is a factor that greatly determines the image of the kiosk, customer disappointment in receiving service can result in damage to the kiosk in the future. In order to keep customers awake, of course, optimal service must be provided to customers and to create customer satisfaction, kiosks are required to make changes both in terms of the availability of human resources, quality of service, as well as the cleanliness and comfort of the building. These changes are expected to create customer satisfaction. This study uses quantitative methods, with data collection procedures using interview techniques and questionnaires. While the population sample is determined by random sampling. From the results of processing and analysis, it is known that (1) the influence of the service quality of NU Modern Kiosk (Kimonu) at the Al-Mushlih Islamic Boarding School in Telukjambe Timur Karawang shows almost entirely, as much as 84.2%. respondents stated that there was quality of service, a small portion of 12.1% of respondents stated that service quality was lacking and a small portion of 3.75% of respondents answered that there was no service quality (2) the effect of customer satisfaction on the Kiosk Pondok Pesantren NU Modern (Kimonu) Al-Mushlih Telukjambe Timur Karawang shows that almost 75% of respondents stated that there was customer satisfaction, a small part of 19.6% of respondents stated that customer satisfaction was lacking and a small part of 5.4% of respondents . stated that there is no customer satisfaction. Keywords: customer satisfaction, Islamic boarding school, service.   Abstrak Latar belakang penelitian ini bahwa kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan pelanggan setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya.  Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Kepuasan pelanggan menjadi faktor yang sangat menentukan dalam citra kios, kekecewaan pelanggan dalam menerima layanan bisa menjadikan kehancuran kios dimasa mendatang. Agar pelanggan dapat dipertahankan, tentu harus dilakukan layanan optimal bagi pelanggan dan untuk menciptakan kepuasan pelanggan kios dituntut untuk melakukan perubahan dalam hal ketersediaan sumber daya manusia, kualitas pelayanan, maupun gedung yang bersih dan nyaman. Berbagai perubahan tersebut diharapkan dapat menciptakan kepuasan pelanggan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan prosedur pengumpulan data yang digunakan dengan teknik wawancara dan kuesioner. Sedangkan populasi sampel ditentukan secara random sampling. Dari hasil pengolahan dan analisa telah ditemukan (1) pengaruh kualitas pelayanan Kios Modern NU (Kimonu) di pesantren Al-Mushlih Telukjambe Timur, Karawang menunjukan bahwa hampir seluruhnya sebanyak 84,2% responden menyatakan ada kualitas pelayanan, sebagian kecil yaitu 12,1% responden menyatakan kurang ada kualitas pelayanan dan sebagian kecil sebanyak 3,75% responden menjawab tidak ada kualitas pelayanan (2) pengaruh kepuasan pelanggan Kios Modern NU (Kimonu) di pesantren Al-Mushlih Telukjambe Timur, Karawang menunjukan bahwa hampir seluruhnya sebanyak 75% responden menyatakan ada kepuasan pelanggan, sebagian kecil yaitu 19,6% responden menyatakan kurang ada kepuasan pelanggan dan sebagian kecil sebanyak 5,4% responden menyatakan tidak ada kepuasan pelanggan. Kata kunci: kepuasan pelanggan, pesantren,  pelayanan