Pengaruh Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5e Dengan Memanfaatkan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5E dengan memanfaatkan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 18 Baruga. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 18 Baruga tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri 4 kelas. Penentuan sample penelitian dilakukan dengan cara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumen-dokumen, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model siklus belajar (learning cycle) 5E dengan memanfaatkan media audio visual, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas konstruk dan validitas isi dengan penghitungan menggunakan korelasi biserial. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus KR 21 dengan hasil r11= 0,825. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang belajar menggunakan model siklus belajar (learning cycle) 5E dengan memanfaatkan media audio visual lebih baik daripada hasil belajar IPA siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 18 Baruga. Hasil ini dibuktikan dengan nilai rata- rata posttest hasil belajar IPA kelompok eksperimen yaitu 83,92, lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest hasil belajar IPA kelompok kontrol yaitu 58,92. Hal ini juga didukung dengan hasil uji t data posttest pada kedua kelompok. Dari hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,136 > 2,010 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000.Kata Kunci: Model siklus belajar (learning cycle) 5E , media audio visual ,hasil belajar IPA SD