Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN 3 Tinanggea. Jenis penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas (PTK). Desain Penelitian mengguakan model Kemmis &Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Tinanggea yaitu 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas guru dari siklus 1 ke siklus II yaitu 11,11% menjadi 3,71%. Sedangkan persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 14,82% menjadi 7,41%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 60,65, siklus I sebesar 73,70 dan pada siklus II sebesar 84,78. Tingkat ketuntasan pada pra siklus adalah 34,78%, pada siklus I menjadi 60,86% dan pada siklus II menjadi 78,26%. Adapun persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I adalah 21,51% sedangkan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 15,03% dan persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus II adalah 39,78%Kata Kunci: Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Matematika