Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Pembelajaran Senam Fantasi pada Anak Kelompok Raudathul Atfal di Kendari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran senam fantasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada siswa PAUD di Kendari. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Subjek penelitian yaitu 13 anak kelompok B. II RA. Aisyiyah Nurhaq Baruga, Kendari tahun pelajaran 2018/2019, dan terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran senam fantasi dapat meningkatakan kemampuan motorik kasar anak. Di tunjukkan dengan penilain dengan mengunakan skor bintang * artinya belum berkembang, bintang ** artinya mulai berkembang, bintang *** artinya berkembang sesuai harapan, bintang **** artinya berkembang sangat baik. Persentase kemampuan motorik kasar anak terus meningkat dari Pra Siklus 23,07%  menjadi 61,53%,  pada siklus I dan 84,61% pada siklus II.Kata Kunci: : Pembelajaran senam fantasi, Kemampuan Motorik kasar