Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IVa SDN 18 Baruga. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian siswa kelas IVa SDN 18 Baruga dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 13 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model Number Head Together (NHT) pada siswa kelas IVa SDN 18 Baruga dengan materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar mencapai 80%. Presentase ketuntasan belajar matematika siswa kelas IVa sebelum tindakan mencapai 23,07% dengan nilai rata-rata 50,76. Setelah dilakukannya tindakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, adapun presentase hasil belajar siswa siklus I yaitu 46,15% dengan nilai rata-rata 63,46. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 80% siswa memperoleh nilai , sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase mencapai 88,46% dengan nilai rata-rata 85,38 bahkan melebihi indikator yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 70.Kata Kunci:Numbered Head Together, KPK dan FPB, Hasil Belajar Siswa