Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Akhlak Li Al-Banin Karya Umar Bin Ahmad Baraja

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Akhlak Li Al-Banin Karya Umar Bin Ahmad Baraja di Pondok Pesantren An-Nur Hardosutaman Dukuh Butuh Desa Gedongan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Adapun alasan pemilihan tempat di Pondok Pesantren An-Nur Hardosutaman karena Pondok Pesantren menamamkan nilai-nilai akhlak pada santri. Metode penelitian yang di gunakan peneliti adalah library research (kepustakaan) yaitu dengan cara melakukan penelitian terhadap sumber-sumber tertulis. Pengajaran nilai-nilai pendidikan akhlak dalamĀ  kitab Akhlak Li Al-Banin di Pondok Pesantren An-Nur Hardosutaman, yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, yakni dengan metode Sorogan metode ini menggunakan pembelajaran kitab dengan cara santri menghadap ustadznya seorang demi seorang dengan membawa kitab yang akan dipelajarinya. Halaqah metode ini menggunakan sistem pengajaran yang baik dan terlatih dengan sistem ustadz membacakan teks kitab sedang santri mendengarkan dan menyimak penjelasan langsung dari ustadznya yang sedang mengajar. Bandongan metode bandongan adalah metode yang paling utama di lingkungan Pondok Pesantren An-Nur Hardosutaman, suatu metode pengajaran dengan cara guru membacakan, menterjemahkan, dan menerangkan.