Spiritual Entrepreneurship dan Relevansinya pada Pendidikan Agama Islam di Keluarga
Abstract
Tulisan ini bertujuan relevansi spiritual entrepreneurship pada pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, Entrepreneurship dalam mementingkan nilai-nilai spiritual seperti halnya dalam kita berdagang terlebih dahulu harus mengetahui aturan-aturan berdagang dan halal haramnya berdagang. Kedua, Entrepreneurship Islam mengisi nilai-nilai spiritual sehingga tidak hanya urusan duniawi sebagai seorang wirausahaan yang menjalankan bisnisnya hendaknya pandai bersyukur, iklas, memiliki kejujuran dan rasa tanggung jawab sebagai penunjang keberhasilan dalam berdagang serta berhasil sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Ketiga, Tanggung Jawab pedagang pasar bunder sragen terhadap Pendidikan Agama Islam di keluarga adalah mendidik, menjaga, dan memelihara mereka menjadi anak yang sholeh dan sholehah seperti dalam hal pendidikan sehingga mereka tidak tertinggal dari keturunan yang lemah baik jasmani maupun rohani.