Pengaruh Media Pembelajaran Google Form terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas IXA MTs Al Manshur Popongan Klaten
Abstract
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran google form terhadap prestasi belajar mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IXA MTs Al Manshur Popongan Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021, yang berjumlah 28 siswa. Sampel yang akan diambil dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa IXA MTs Al Manshur Popongan Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan, pandemi covid-19 telah mengubah pola pendidikan di Indonesia khususnya Pendidikan Sejarah Kebudayaan Islam materi Tokoh Penyebar Islam di Nusantara yang sebelumnya dilaksanakan dengan tatap muka langsung antara guru dan siswa menjadi tatap muka tidak langsung, yaitu menggunakan media google form. Prestasi belajar mata pelajaran SKI pada siswa Kelas IXA MTs Al Manshur Popongan Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021 Materi Tokoh Penyebar Islam di Nusantara nilai Sejarah Kebudayaan Islam materi Tokoh Penyebar Islam di Nusantara masih kurang. Hal ini dapat dilihat jumlah siswa Kels IXA yang berjumlah 28 siswa 18 siswa diantaranya memiliki nilai Sejarah Kebudayaan Islam materi Tokoh Penyebar Islam di Nusantara masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Setelah dilaksanakannya pendidikan berbasis pondok pesantren, sebanyak 13 siswa nilai Sejarah Kebudayaan Islam materi Tokoh Penyebar Islam di Nusantara meningkat. Terdapat pengaruh positif media google form terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam.