Analisis Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembentukan Karakter Anak Asuh di Pesantren Yatim Balita Adhsa Grogol Sukoharjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pembentukan karakter anak asuh. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan internalisasi nilai-nilai keislaman yang diterapkan di Pesantren Yatim Balita Adhsa Grogol Sukoharjo tahun 2020 dilaksanakan melalui proses kegiatan pendidikan yang dilaksanakan secara terjadwal (formal) dan kegiatan pendidikan yang tidak terjadwal, terintegrasi dalam kehiduan sehari-hari (informal) dengan menekankan pada keteladanan. Nilai-nilai keislaman yang ditanamkan ada anak asuh meliputi nilai illahiyah yang terdiri dari: peningkatan iman, Islam, Ikhsan, Taqwa, tawakal, ikhlas,  sabar dan syukur. Sedangkan  nilai insaniyah yang ditanamkan meliputi: Silaturahmi, Ukhuwah, Musawah, Husnuzan, Tawaduk, Al-wafa, Al-insyirah, Iffah, dan Al-munfiqun. Efektifitas internalisasi nilai-nilai keislaman dalam pembentukan karakter anak asuh di Pesantren Yatim Balita Adhsa Grogol Sukoharjo tahun 2020 sangat berperan (efektif).