Pengaruh Implementasi Direct Method Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas VII G MTs PPMI Assalaam Sukoharjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi direct method terhadap peningkatan kemampuan membaca teks bahasa Arab. Jenis penelitian berupa penelitian korelasional kuantitatif merupakan penelitian yang melibatkan kegiatan pengumpulan data untuk menentukan adakah hubungan dan derajat hubungan antara beberapa variabel. Subjek penelitian yang digunakan yaitu guru Bahasa Arab kelas VII G MTs PPMI Assalaam Sukoharjo, Data yang didapatkan dilakukan dengan wawancara pada guru mata pelajaran Bahasa Arab kelas VII G di MTs PPMI Assalaam Sukoharjo. Pada penelitian ini penulis menggunakan analisis statistik dengan teknik analisa korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Direct Method menurut bobot jawaban (a) nilai 3 masuk kriteria sangat baik, jawaban (b) nilai 2 masuk kriteria baik dan jawaban (c) nilai 1 masuk kriteria rendah. Maka nilai yang didapat adalah sangat baik, karena memperoleh nilai tertinggi 49,66%. Selain itu peningkatan kemampuan membaca teks bahasa Arab adalah baik, karena menunjukkan persenan nilai yaitu 78,6 Nilai Bahasa Arab siswa bagi karakter yang akan muncul di dalam diri siswa. Sementara itu penelitian menunjukkan pula bahwa tidak ada pengaruh implementasi direct method terhadap peningkatan kemampuan membaca teks bahasa Arab.