Analisis Isi Kurikulum PAI Dan Kemampuan Dasar Siswa Kelas III SDN Kelapa Gading Timur Jakarta Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis isi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam lingkup Silabus dan Rancangan Program Pembelajaran (RPP) dan Kemampuan Dasar Siswa kelas III SD. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan analisis pengembangan Silabus dan RPP dan memberikan solusi kepada guru PAI serta dapat memberikan langkah-langkah antisipasi dalam menghindari hal-hal yang tidak sesuai antara hubungan kurikulum dengan kemampuan dasar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa Silabus dan RPP kurang sesuai atau kurang tepat sasaran dengan kemampuan dasar anak kelas III SD. Hal ini ditandai materi isi belum relevan artinya materi tidak sesuai dengan kemampuan dasar siswa. Ada beberapa materi yang kurang tepat diajarkan pada siswa kelas III SD seperti materi ajar mengartikan ayat Al-Quran dan memahami sifat mustahil Allah. Selain itu, keefektifan proses pembelajaran masih kurang karena masih ditemukan kekurangan dalam hasil pencapaian pembelajaran. Mengenai efisiensi, alokasi waktu yang ditentukan belum mencukupi karena ada guru yang menggunakan waktu kosong untuk mengisi materi yang belum diajarkan. Kata Kunci: Analisis Kurikulum PAI, Silabus dan RPP, Kemampuan Dasar Siswa