Ulu Al-AlbÄb Sebagai Profil Intelektual Pendidik
Abstract
Tulisan ini membahas terkait paradigma Al-Qur’an tentang pendidik. Pembahasan ini mengetengahkan tentang ulu al-albÄb sebagai profil pendidik. Hasil penelitian menunjukkan konsep ulu al- albÄb dalam perspektif al-Quran mengacu pada makna pendidik, guru dan cendikiawan Muslim. Untuk mencapai pada jenjang ulu al- albÄb seperti dimaksudkan oleh ayat-ayat al- Quran, harus memiliki beberapa kriteria di antaranya; seorang pendidik harus memiliki pengetahuan, memliliki integritas moral, berakhlak mulia, penyantun, sabar, bijaksana, adil, tawadu`, kasih sayang terhadap subjek didik dan mengamalkan ilmu yang dimilikinya. Jadi dengan demikian seorang ulu al-albÄb, harus memiliki pemikiran (mind) yang luas, perasaan (heart) yang peka, sensitif, memiliki daya pikir (intellect), memiliki wawasan (insight) yang luas, memiliki pengertian yang akurat (understanding), dan memiliki kebijakan (wisdom) dan selalu mejaga komunikasi transendental dengan Khaliknya, melalui fakultas dan aktifitas dhikr. Semua karakter ini merupakan cerminan dan keteladanan yang harus juga harus dimiliki oleh pendidik ketika berhadapan dengan subjek didik. Kata kunci : Pendidik dalam Al-Qur’an, Ulul Albab, Profil Intelektual Pendidik