Pengaruh Metode Bercerita dengan Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini
Abstract
Abstract The issue discussed is that several children's communication skills are still low. So, this study aims to determine the effects of storytelling with pictures in improving early childhood communication skills. This study uses a quantitative approach with the type of Quasy Experiment research. The research sample consisted of two groups, namely the experimental and control groups with 17 children each. This research took place in TK Negeri 01 Tiumang, Dharmasraya Regency. Data collection techniques in the form of tests, observations, and documentation, with quantitative analysis. Based on the post-test scores of the experimental group, it was found that there was an increase in the average score of children's communication skills before and after being given treatment, from 12.05 to 17.23. Furthermore, the results of the calculation of the Man-Whitney test show that the Asymp value. Sig (2-tailed) 0.001 is smaller than 0.05 (0.001 < 0.05), so that the results of the study show that there is a significant effect of using the storytelling method with pictures in improving early childhood communication skills. then the results of the effect size test show that the effect is high with a total of 0.899 (d > 0.8). Abstrak Permasalahan pada penelitian adalah kemampuan komunikasi anak yang tergolong masih rendah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan gambar dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis Quasy Experiment. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan control, masing-masing kelompok sebanyak 17 orang anak. Penelitian ini bertempat di TK Negeri 01 Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis kuantitatif. Berdasar pada nilai post-test, diperoleh adanya kenaikan skor, rata-rata kemampuan komunikasi anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen, yakni dari 12,05 menjadi 17,23. Selanjutnya, dari hasil perhitungan uji Man-Whitney menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,001 lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0.05), sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode bercerita dengan gambar dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia dini. Lalu dari hasil uji effect size menunjukkan efeknya tergolong tinggi dengan jumlah 0,899 (d > 0,8).