Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Studi di SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)

Abstract

Supervisi akademik merupakan salah satu kegiatan pembinaan kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui kegiatan supervisi akademik di SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang meliputi empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 selama tiga bulan yaitu mulai Juli 2017 sampai September 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri Lamklat yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan kompetensi guru dalam menyusun RPP secara klasikal pada kondisi awal (prasiklus) adalah 43,75%. Pada siklus I terjadi peningkatan 25% sehingga menjadi 68,75%. Pada siklus II, kompetensi guru tuntas meningkat 25% sehingga menjadi 93,75%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP di SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Tahun pelajaran 2017/2018.