MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN MAKHRAJ HURUF HIJAIYAH

Abstract

Penggunaan  teknologi multimedia sebagai salah satu media pembelajaran merupakan salah satu alternatif untuk pebelajaran yang lebih menarik serta mudah dipahami. Penilitan ini bertujuan untuk membantu menerapkan cara pelafalan huruf hijaiyyah dengan baik dan sesuai kaidah dengan menggunakan media pembelajaran Makhraj Huruf Hijaiyyah yang dapat membantu pembaca untuk terhindar dari kesalahan-kesalahan ucapan yang mengakibatkan perubahan makna dari kalimat yang diucapkan pada saat membaca Alquran.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif yang dilakukan adalah metode penelitian eksperimental dengan melakukan eksperimen terhadap variabael-variabel kontrol (input) untuk menganalisis output yang dihasilkan. Output yang dihasilkan akan dibandingkan dengan output tanpa adanya pengontrolan variabel. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran makhraj huruf hijaiyyah dengan menampilkan pergerakan mulut serta lidah. Media pembelajaran  dapat digunakan oleh umat Islam agar dapat mengetahui cara membedakan pengucapan huruf hijaiyyah sehingga terhindar dari kesalahan-kesalahan pada bacaan yang dapat mengakibatkan perubahan makna dari kalimat yang diucapkannya dan memberikan pemparan tentang perbedaan huruf dan bunyinya, yaitu dengan cara menampilkan animasi pergerakan mulut pada objek 3D serta suara pengucapannya dan penjelasan tentang huruf.