DESAIN APLIKASI PEMBELAJARAN MOBILE BAHASA DAN BUDAYA JEPANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi pembelajaran bahasa dan budaya Jepang berbasis Android. Desain aplikasi yang dibangun mendukung portable learning sehingga dapat diakses dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Desain aplikasi yang dibangun juga memberikan pengalaman belajar yang menarik dengan fitur yang beragam dan interaktif. Tahapan penelitian terdiri dari enam tahap yaitu: studi literatur, pengumpulan information, analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Desain dan pengembangan sistem menggunakan cascade. Adapun teknik pengujian sistem yang digunakan adalah Black Box dan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran bahasa Jepang yang terdiri dari pengenalan huruf, materi, soal-soal ujian, pengenalan budaya Jepang. Hasil pengujian terhadap sistem yang telah dibangun menunjukkan bahwa yield yang dihasilkan oleh sistem sudah sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini juga menggunakan kuesioner untuk mengetahui respon dan penilaian pengguna terhadap aplikasi yang telah dikembangkan. Hasil analisis kuesioner menunjukkan bahwa 85.7% responden menyatakan aplikasi yang telah dikembangkan mudah digunakan dan 64.3% responden mengatakan materi yang diberikan dalam aplikasi mudah dipahami.