Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter religius anak di madrasah ibtidaiyah (MI) Al-Kifayah pekanbaru. Ditemukan beberapa gejala di lapangan bahwa masih terdapat beberapa anak yang belum melaksanakan kegiatan secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul sebagaimana adanya disusun, diinterpretasikan kemudian dianalisis, untuk selanjutnya diambil kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter religius anak di Madrasah Ibtidaiyah Al-Kifayah pekanbaru dinilai sangat tepat, karena dalam implementasi metode pembiasaan anak dibiasakan untuk berpikir dan bersikap sesuai dengan ajaran agama Islam serta mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam dengan baik dan benar. Implementasi metode pembiasaan sangat tepat diterapkan pada anak usia sekolah dasar, karena pada usia ini siswa tumbuh dan berkembang menjadi mumayyiz (bisa membedakan), mulai bisa menalar, memahami, dan mengetahui, sementara fitrahnya masih tetap suci dan beban pikirannya belum seberat beban pikiran yang menggelayuti kaum remaja dan orang dewasa.