STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI PUSAT PENGEMBANGAN ANAK IO-0497 BENYAMIN OEBUFU
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman kemudian menentukan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di PPA IO-0497 Benyamin Oebufu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta analisis data menggunakan analisis SWOT. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah observasi dan studi literatur, identifikasi dan perumusan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembahasan serta penarikan kesimpuan. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yang terdiri dari 2 orang badan pengurus dan 4 orang mentor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPA IO-0497 Benyamin Oebufu memiliki 11 kekuatan, 8 kelemahan, 6 peluang dan 6 ancaman. Hasil matrix space analysis menunjukkan posisi strategi pembelajaran PAK di PPA IO - 0497 Benyamin Oebufu berada dalam wilayah Kuadran I, artinya strategi bertumbuh sangat dimungkinkan karena kekuatan lebih besar dari kelemahan dan peluang lebih besar dari ancaman. Strategi pembelajaran PAK di PPA IO-0497 Benyamin Oebufu adalah integrasi pembelajaran dengan Firman Tuhan, menerapkan pembelajaran Alkitab berbasis teknologi yang kreatif dan menarik, membangun komunitas rohani tumbuh bersama, mengadakan diklat peningkatan kompetensi bagi mentor serta melakukan pastoral konseling bagi anak dan orang tua.