SOCIAL ENTREPRENEURSHIP: Penerapan Kewirausahaan Paulus Bagi Wirausahawan Kristen Masa Kini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan karakteristik kewirausahaan Paulus sebagai wujud Social Enterpreneurship bagi wirausahawan Kristen masa kini. Peneliti mendapati bahwa kajian terhadap hal tersebut masih sedikit sehingga perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam. Di samping itu, kajian yang ada pada umumnya hanya mengkaji sebatas Enterpreneurship saja. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode library reasech dan metode kritik retorik untuk memencahkan masalah yang ada. Adapun problem research yang dipecahkan adalah bagaimanakah penerapan karakteristik kewirausahaan Paulus sebagai wujud Social Enterpreneurship bagi wirausahawan Kristen masa kini? Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa wirausahawan Kristen pada dasarnya adalah Social Entrepreneur yang wajib memiliki inovasi, kreatif, cerdas membaca peluang, berjiwa penolong serta terlibat aktif dalam transformasi sosial seperti krakteristik kewirausahaan Paulus.