PEMANFAATAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (E-LEARNING) DALAM MENGHADAPI MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANDUNG

Abstract

Kegiatan pembelajaran dalam jaringan (e-learning) menawarkan satu metode pembelajaran yang memungkinkan proses pembelajaran dilakukan jarak jauh terutama pada masa pandemi COVID-19. Akan tetapi, masih terdapat beberapa permasalahan yang membuat kurang optimalnya manfaat penerapan e- learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas pembelajaran dalam jaringan (e-learning) di MAN 2 Bandung selama pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dimana data yang diambil dalam peneliltian berdasarkan dari data angket terhadap siswa dan guru terkait dengan kegiatan pembelajaran dalam kjaringan (e-learning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan pembelajan dalam jaringan (e-learning) yang dilaksanakan di MAN 2 Bandung pada masa pandemi COVID-19 berdasarkan data dari hasil angket jika diambil dari mayoritas menunjukkan cukup efektif 45% menurut  siswa  dan 53 % menurut guru. Hal ini bisa dipahami karena banyak faktor yang mempengaruhinya, diantaranya adalah 1) kurangnya pemahaman guru dalam teknis pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (e-learning), 2) terkendala masalah akses jaringan internet dan kuota, 3) Komitmen dan tanggung jawab semua pihak dalam terlaksananya kegiatan pembelajaran dalam jaringan di MAN 2 Bandung. Harapannya semoga kegiatan pembelajaran dalam jaringan (e-learning) di MAN 2 Bandung dapat ditingkatkan kembali kualitas pelaksannaannya, sesuai dengan visi MAN 2 Bandung menuju Madrasah yang unggul dan berkualitas.