KEMAMPUAN LITERASI MAHASISWA SEMESTER 2 PAI A-B DALAM PEMBELAJARAN FILSAFAT PENDIDIKAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) PERSIS BANDUNG

Abstract

Kegiatan literasi atau membaca dalam ajaran Islam mendapatkan perhatian khusus yang dibuktikan dengan diturunkannya ayat pertama di dalam Alquran, yaitu iqra (membaca). Kata iqra memiliki sekumpulan makna, yaitu; menyampaikan, menelaah, mendalami, membaca yang bermakna membaca situasi yang ada di sekeliling lingkungan. Maka dari itu, sudah seharusnya membaca menjadi ciri khas bagi umat Islam dan khususnya para pelajar di sekolah, terutama mereka yang berada di perguruan tinggi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan secara umum kemampuan literasi     mahasiswa STAI Persis Bandung dalam pembelajaran Filsafat Pendidikan Islam. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa kemampuan literasi mahasiswa dapat dikatakan masih relatif rendah dari segi kuantitas membaca. Penyebab lemahnya kemampuan literasi tersebut disebabkan oeh factor internal (dari dalam), yaitu; kurang semangat, malas untuk megakses iformasi melalui media dan lelah. Sedangkan penyebab dari faktor eksteral (dari luar) yaitu; referensi di perpustakaan kurang lengkap dan kurangnya koleksi buku pribadi.   Kata Kunci: literasi,membaca, pembelajaran, filsafat, pendidikan