Pengaruh Film Animasi Upin & Ipin Terhadap Karakter Gotong Royong Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Abstrak Bahasa IndonesiaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh film animasi Upin & Ipin dalam menguatkan karakter gotong royong siswa kelas V. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode Survei. Alat pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan foto dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, dan koefisien determinasi. Setelah melalukan perhitungan diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) ialah 0,005 yang berarti bahwa pengaruh film animasi Upin & Ipin dalam menguatkan karakter gotong royong siswa kelas V MI Miftahul Falah hanya 0,5%. Hasil uji t-hitung< t-tabel (0,487 < 2,021). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa film animasi Upin & Ipin tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dalam menguatkan karakter gotong royong siswa kelas V MI miftahul Falah. Abstract in EnglishThis study aims to determine all the major influences of the animated film Upin & Ipin in strengthening the character of mutual cooperation among class V students. The quantitative research approach used was the survey method. Collecting data using questionnaires and photo documentation. The data analysis used descriptive analysis, classical assumption test, simple regression analysis, and the coefficient of determination. After calculating the coefficient of determination (R2) is 0.005, which means that the effect of the animated film Upin & Ipin in strengthening the character of mutual cooperation among class V students of MI Miftahul Falah is only 0.5%. The result of t-count <t-table (0.487 <2.021). It can be shown that the animated film Upin & Ipin does not have a significant effect in strengthening the character of mutual cooperation among class V MI miftahul Falah students.