IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBANGUNAN KAWASAN TEKNOPOLITAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DI KABUPATEN PELALAWAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Implementasi Kebijakan Pembagunan Kawasan Teknopolitan di Bidang Pendidikan di Kabupaten Pelalawan. Informan dalam penelitian ini adalah Bupati Kabupaten Pelalawan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Pelalawan, Kepala Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (STTP) dan mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (STTP). Yang menjadi indikator dalam penelitian ini adalah pengembangan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (STTP) diantaranya sarana dan prasarana, tenaga pengajar dan sosialisasi dan promosi, hasil penelitian pengembangan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (STTP) sudah berjalan dengan cukup baik. Kemudian indikator selanjutnya adalah subsidi pendidikan di antaranya adalah beasiswa bagi tenaga pengajar dan beasiswa bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan, kemudian subsidi pendidikan sudah tersalurkan dengan baik. Indikator terakhir adalah partisipasi stakeholders diantaranya pengembangan kawasan teknopolitan dan pelatihan mahasiswa oleh stakeholders, hasil penelitian ini adalah partisipasi stakeholders sudah cukup baik. Dengan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan pembangunan kawasan teknopolitan di bidang pendidikan di kabupaten pelalawan sudah berjalan dengan baik melihat dari indikator penelitian yang sudah diteliti.