Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Perpustakaan

Abstract

Pendahuluan. Promosi perpustakaan merupakan suatu proses untuk meperkenalkan seluruh kegiatan, layanan, dan koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan kepada masyarakat. Tujuan promosi perpustakaan adalah agar masyarakat dapat mengetahui dan memahami seluruh kegiatan, layanan, dan koleksi bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan. Salah satu sarana yang dapat digunakan sebagai media promosi perpustakaan adalah dengan memanfaatkan media sosial, yang apabila dibandingkan dengan penggunaan media konvensional atau media lainnya, media sosial dinilai lebih unggul dan banyak mendatangkan manfaat pada perpustakaan yang melalukan promosi tersebut. Metode Penelitian. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara mengambil, membaca, dan mencatat data yang ada pada bahan literatur seperti artikel atau jurnal yang terjamin kefalidannya. Hasil dan Pembahasan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan mendatangkan banyak manfaat dan kelebihan apabila dibandingkan dengan penggunaan media konvensional. Dengan digunakannya media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan, maka proses promosi perpustakaan dapat berlangsung secara global, cepat, murah, dan membuka interaksi yang lebih intens antara pustakawan dengan pengguna. Kesimpulan dan Saran. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mendapatkan informasi mengenai pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan.